Wisata Taman Air



Taman air atau taman air ialah taman selingan yang mempunyai ruang bermain air seperti kolam renang, seluncuran air, splash pad, taman bermain air, serta sungai malas, dan ruang untuk mengambang, mandi, berenang, serta lingkungan bertelanjang kaki yang lain. Taman air kekinian dapat diperlengkapi dengan beberapa macam selancar bikinan atau lingkungan bodiboarding, seperti kolam ombak atau flowrider.

Taman air makin terkenal semenjak dikenalkan di akhir 1940-an serta awal 1950-an. Amerika Serikat mempunyai pasar taman air paling besar serta paling terkonsentrasi, lebih dari 1.000 taman air serta beberapa puluh taman baru dibuka tiap tahun. Organisasi penting ialah IAAPA (Perkumpulan Internasional Taman Selingan serta Pertunjukan) serta WWA (World Waterpark Association), yang disebut perkumpulan perdagangan industri. [1]

Taman air yang ada dari spa condong semakin seperti resort pegunungan, sebab mereka jadi arah selama setahun. Contohnya, Splash Universe Water Park Resor bertopik supaya sesuai komune dimana dia ada. Topik ini ditujukan untuk tingkatkan daya tarik arah warga. Oleh karenanya, industri selingan serta waktu luang bertambah lebih terkonsentrasi, sebab olahraga musim dingin jadi topik umum dalam piknik air musim panas.

Satu proses fokus bisa dilihat dalam versus hybrid dari taman bertopik, selingan, serta air. Beberapa taman air semakin fokus pada spa. Contohnya, SchwabenQuellen tidak mempunyai seluncuran air; tetapi mempunyai banyak sauna, ruangan mandi uap, "pancuran penjelajahan", serta ruang bermain air yang fokus rileksasi. [rujukan?]

Pada 2000-an, usaha dilaksanakan untuk kurangi antrean panjang dengan mengenalkan ban berjalan untuk mengusung penumpang [2] atau memakai jet air. [3]

Feature yang tidak biasa di taman air ialah seluncur es. Deep River Water Park di Indiana barat laut tampilkan seluncur es, bisa saja dengan pipa pendingin yang terpasang di bawah plaza besar mereka.

Beberapa taman air dalam ruang pertama ialah Tikibad [nl] di Duinrell (Belanda, 1984), Nautiland berada di Haguenau (Prancis, 1984), Aqua Mundo di Centre Parc De Eemhof berada di Zeewolde (Belanda, 1980) serta Alpamare (Pfäffikon) [de] (Switerland, 1977).

Di tahun 1986 World Waterpark dibuka di Edmonton, Alberta, Kanada di West Edmonton Mall. [9] [10] Ini ialah 2016 taman air dalam ruang paling besar di Amerika Utara.

Tropical Islands Resor (Jerman), dengan luas 66.000 m2 (710.418 kaki persegi), di tahun 2016 ialah taman air dalam ruang paling besar di dunia.

Dengan lima taman air dalam ruang, Wisconsin Dells, Wisconsin semestinya disadari untuk "Ibukota Taman Air Dunia". Ini tampilkan beberapa taman air indoor serta outdoor paling besar Amerika, seperti Noah's Ark Water Park. Taman air dalam ruang di Wisconsin Dells mengawali kiprahnya di tahun 1994 sesudah Polinesian Resor Hotel membuat yang pertama di AS.

Kesuksesan perpanjang musim wisatawan serta mengganti resort taman air jadi arah berlibur sudah membuahkan perkembangan industri yang mengagumkan. Umumnya, hotel resort yang tampilkan taman air dalam ruang besar sudah dipesan untuk beberapa tamu yang menginap. Perusahaan seperti Great Wolf Resorts / Great Wolf Lodge serta Kalahari Resorts sudah bercabang dari asal mereka di Wisconsin Dells untuk buka tempat baru di semua negeri. Mt. Olympus Theme and Water Park (awalnya Family Land) ialah taman air besar yang lain di lembah.

Taman air dalam ruang paling besar di Inggris ialah Taman Air Sandcastle di Blackpool, Inggris, yang dibuka di tahun 1986. [15]

Terdapat beberapa taman air di Eropa selatan dimana iklim pas untuk musim yang panjang. Contohnya, di Algarve Portugal, ada tiga taman penting: Aqualand, Aquashow, serta Slide n 'Splash.

Perkembangan taman air dalam ruang sudah menggerakkan pusat piknik di penjuru dunia untuk mulai mengaplikasikan feature taman air ke sarana mereka, termasuk juga seluncuran serta sungai malas.

Popular posts from this blog

Festival

Hiburan Air Show

Pertunjukan Sirkus