Taman Hiburan



Taman hiburan ialah taman yang tampilkan beberapa pertunjukan, seperti wahana serta permainan, dan acara yang lain untuk maksud selingan. Satu taman selingan ialah tipe taman selingan yang mendasarkan susunan serta daya tariknya di seputar topik sentra, seringkali tampilkan banyak ruang dengan topik tidak sama. Tidak seperti pasar malam serta karnaval sesaat serta mobile, taman selingan stasioner serta dibuat untuk operasi periode panjang. Mereka semakin susah dibanding taman kota serta taman bermain, umumnya sediakan pertunjukan yang layani beberapa barisan usia. Sesaat taman selingan seringkali berisi ruang bertopik, taman selingan tempatkan konsentrasi yang semakin berat dengan topik yang direncanakan semakin susah yang berputar-putar di seputar subyek atau barisan subyek spesifik.

Taman selingan bertumbuh dari pameran Eropa, taman kesenangan serta ruang rekreasi besar, yang dibuat untuk piknik orang. Pameran dunia serta tipe eksposisi internasional yang lain mengubah timbulnya industri taman selingan. [2] Lake Compounce dibuka di tahun 1846 serta dipandang seperti taman selingan paling tua yang terus bekerja di Amerika Utara. [3] Taman selingan pertama ada pada tengah era ke-2 puluh dengan pembukaan Santa Claus Land pada 1946, Santa's Workshop pada 1949, serta Disneyland pada 1955.

Taman selingan berevolusi dari tiga adat awalnya: melancong atau pameran periodik, taman kesenangan serta pameran seperti pameran dunia. Impak paling tua ialah pameran periodik Era Tengah - salah satunya yang paling dahulu ialah Pameran Bartholomew di Inggris dari tahun 1133. Pada era ke-18 serta 19, mereka sudah berevolusi jadi lokasi hiburan buat massa, dimana warga bisa lihat pertunjukan-pertunjukan aneh. , akrobat, sulap serta sulap, mengambil sisi dalam pertandingan serta berjalan lewat menageries.

Gelombang pengembangan pada tahun 1860-an serta 1870-an membuat wahana mekanis, seperti korsel bertenaga uap (dibuat oleh Thomas Bradshaw, di Aylsham Fair), serta turunannya, khususnya dari Frederick Savage dari King's Lynn, Norfolk yang mesin fairground-nya di-export. di semua dunia; Pengembangan "kuda kencang" nya nampak di komidi putar ini hari. [8] Ini resmikan masa perjalanan pasar malam kekinian, sebab kelas pekerja makin dapat habiskan surplus gaji mereka untuk selingan. [9]

Impak ke-2 ialah taman kesenangan. Contoh dari ini ialah taman selingan paling tua di dunia, Bakken ("The Hill "), dibuka di daratan Eropa pada 1583. Terdapat di utara Kopenhagen di Klampenborg, Denmark.

Taman awal yang lain ialah Vauxhall Gardens, yang dibangun pada 1661 di London. Di akhir era ke-18, situs ini mempunyai ongkos masuk untuk banyak pertunjukan. Itu dengan teratur menarik beberapa orang, dengan jalannya seringkali populer untuk pekerjaan romantis; pejalan kaki yang sempit, naik balon udara panas, konser serta kembang api memberi selingan. Walau taman awalannya direncanakan untuk beberapa elit, mereka selekasnya jadi tempat keanekaragaman sosial yang besar. Atraksi kembang api publik diselenggarakan di Marylebone Gardens, serta Cremorne Gardens tawarkan atraksi musik, tarian, serta akrobat hewan.

Prater di Wina, Austria, diawali untuk tempat memburu kerajaan yang dibuka pada 1766 untuk kesenangan publik. Disana diiringi kedai-kedai kopi serta cafe-cafe, yang ke arah permulaan Wurstelprater untuk taman selingan.

Ide taman masih untuk selingan ditingkatkan selanjutnya dengan diawalinya minggu raya dunia. Pameran Dunia pertama diawali pada 1851 dengan pembangunan landmark Crystal Palace di London, Inggris. Arah dari pameran ini untuk rayakan perolehan industri beberapa negara di dunia serta direncanakan untuk mendidik serta menghibur beberapa pengunjung.

Comments

Popular posts from this blog

Festival

Hiburan Air Show

Pertunjukan Sirkus